MODEL UNITED NATIONS ADALAH ...



Halo! Mungkin sekarang kamu lagi meraba-raba, apa sih Model United Nations itu? Selain dari perksnya yaitu uhuk jalan-jalan ke luar negeri uhuk, dalam kegiatan ini kamu juga akan mengasah bakat akting, public speaking, dan bahasa inggris tentunya. 

Kenapa headlinenya BTS? Karena BTS pake suits, di kegiatan ini kamu juga berformal dan power suit ria. Hehehe. Ilustrasi hanya sebagai pemanis~

Oke. Singkatnya, MUN adalah simulasi kegiatan diplomasi PBB untuk anak muda. Jadi, kamu akan bertindak sebagai diplomat yang menjadi representasi sebuah negara. Sebagai diplomat Indonesia bukan? Bisa iya, bisa nggak. Soalnya negaranya diacak random buat kamu.

Proses dimulai setelah kamu sign up buat kompetisi diplomasinya, board yang terdiri dari chair dan asisten-asistennya akan menunjuk random negara yang akan kamu representasikan dalam sidang dan topik apa yang dibahas.

Misalnya, komitenya adalah FAO (Food and Agricultural Organization), topiknya adalah combating food insecurity, dan kamu adalah representatif India. 

PR kamu sekarang adalah kepo soal India, bagaimana situasi real life di sana dan terutama public policynya mengenai topik itu, terus kebijakan internasional apa yang diambil oleh India (idealnya 5-10 tahun terakhir), intinya dimana posisi negaramu dalam topik itu. 

Karena jauh-jauh hari sebelum sidang mulai, board akan meminta kamu membuat essay tentang itu yang bernama position paper.

Idealnya, waktu untuk persiapan sebelum sidang itu 6 bulan. Bahkan 1 tahun kalau lokasi MUN kamu cukup jauh (contoh: Harvard MUN) Karena selain persiapan tempur, persiapan bikin visa, nyiapin transport dan akomodasi di sana, terus celingak celinguk nyari dana, kan itu lumayan makan waktu dan tenaga juga.

Baiklah, kembali ke position paper.

Ini contoh position paperku sebagai representatif Amerika tahun 2014, komitenya SOCHUM, topiknya ada lima. Dan ada maksimal karakter juga rasanya, so i gotta make it short. Again, ini tergantung dari beda-beda board minta essaynya jenis apa. Yang sering sih format biasa yang pembuka, isi, penutup. 

Tapi esensinya sama, menjelaskan dimanakah posisi negara lo berada. Payung topiknya adalah responding to human trafficking for sexual exploitation, yang mana kayak... wow negara gw banget nih! Hahaha. Eits, tapi nggak boleh ngaku atau gamblang bilang "Iya nih aduh maaf ya negara gw kacau banget deh pokoknya dalam hal ini." No no.  Kita mesti bertindak sebagai diplomat bermartabak, yang mana ada sih menjatuhkan negara representatifnya sendiri? 

====

====

Perbanyak data resmi (biar kesannya legit, selegit lapis surabaya) 

Kata-kata resmi english for biz purposes biasanya dapat point plus dari board, kalau perlu beri bumbu quotes biar gurih. Sudah? Kirim deh essaynya.

Sekarang, persiapan ngomongnya.

Dalam sebuah sidang, biasanya dibuka dengan board menawarkan buat diplomat-diplomatnya buat buka topik. Tentu saja yang menyangkut topik utamanya ya. Silahkan dimindmapping apa kepentingan India dengan topik ini.

Di sidang ini, kalau kamu bertindak sebagai wakil India , then act like one, girl. 

Kalau perlu pakai sari yang dilapis suit (kalau memungkinkan), pakai yang merah-merah itu di dahi, or learn one or two hindustan lingos. Karena board biasanya kasih point plus di sini.

Nggak perlu yang halu-halu juga sih misalnya ngomong india sepanjang waktu, bahkan saat istirahat. Pokoknya aktingnya pas sidang aja. 

Nah dalam sidang ini, misalnya Amerika mengajukan motion (topik) soal apa sebenarnya akar dari food insecurity negara dunia ketiga? Terus Amerika biasanya maju dah tuh mengumbar apa saja yang sudah mereka donorkan ke negara lain.

Setiap representatif dapat waktu 5-10 menit melakukan speech untuk menjelaskan posisi negara mereka soal topik ini di awal sidang.

Selanjutnya, kan digilir tuh diplomat lain yang ngomong. Ini main siapa cepat dia dapat aja. Put your hands up! Semakin you caper, semakin besar kesempatan menang.

Make sure capernya positif juga sih ya, kalo di depan nggak ngerti ngomong apa yaudah bye juga sih.

Terus anggap kata giliran kamu ngomong. Ya ngomong sesuai apa adanya kondisi negara lo aja ya. Jangan halu juga "India akan mendonorkan sebanyak apa yang baru saja Amerika bilang" karena ya nggak sesuai realitanya sayang.

Bilang aja "Iya nih India kondisinya lagi gini gini gini, tapi kita tuh juga ada action lho terkait food insecurity ini, dan sebagainya"

Lo sisipin aja juga namaste depannya biar ciamik. Perasaan gw depan ngomong aku kamu, sekarang jadi gini ya -_- Yaudahlah, lanjut!

Nah, biasanya satu motion akan diakhiri oleh boardnya kalau sudah 4-5 diplomat yang mengutarakan pendapatnya. Terus lanjut lagi deh motion selanjutnya, bisa diajukan atau board sendiri yang menentukan dari mereka.

Pokoknya lo caper aja dah sama board-board, karena merekalah juri yang menentukan dalam kompetisi ini. 

Biasanya setelah 3 jam, ada istilah proposing motion caucus, yang intinya diplomat ini mingle buat nyari ally. Duh semoga gw ga salah ya bahasanya itu si caucus, terakhir gw main ini MUN 2015.... 4 years ago just gone in a flash. Wow.

Kenapa gw nyebutnya main? Ya menurut ngana apa ini bukan sebuah permainan sandiwara belaka dibumbui unsur public policy biar mikir dikit? Heuheu. 

Nah penting sih sih sebenarnya nyari ally di masa mingle 20-30 menit ini. Deketin diplomat negara adidaya biar nanti pas masa pembuatan working paper dan sesi vote di akhir acara jadi ada temen gitu lho. Your network is your net worth sangat berlaku di sini.

Eits inget juga prinsip dunia nyata. Kalo lo representatif Amerika, ya jangan satu ally sama Rusia. Karena.. ya lucu aja. 

Sudah? Lanjut lagi speech-speech dalam motion berbeda.

Boleh nggak buka internet saat sidang? Harusnya sih boleh-boleh aja, tapi sebaiknya memang lo udah siap luar kepala soal kondisi negara lo, karena motion (apalagi dari diplomat lain) pasti condong buat mereka bisa speech yang banyak. Dan kalo lo masih mau cari data dulu kan time wasting. 

Nah, di akhir acara, board akan menentukan resolusi dari sidang dan minta voting. Resolusi A dan B ini lalu dipilih, tentu saja negara-negara yang resolusinya kepilih bakal dapat point plus dari Board. 

Cara menentukan pemenang di kompetisi ini juga bisa beda-beda tergantung boardnya. Tapi biasanya kelihatan kan ya yang mencolok-colok di sidang siapa.

Board lalu akan menentukan best position paper, runner up best speaker dan best speaker, biasanya besoknya, atau lusa maksimal. 

Begitulah~



Sure it's fun to playing diplomats, jangan lupa know-how dan perintilannya juga. Karena kalau menang, kan kampus dan dirimu jua yang bangga~ Hohoho. 

Dan ya, bisa bertemu dan bergaul dengan anak-anak muda yang tak kalah wow pemikirannya saat lagi tidak bersidang, lumayan kan transfer knowledge yang oks banget. 

Enjoy your MUN! 

Comments