11 TIPS NYUCI BAJU SENDIRI BUAT PEMULA



Hola, semoga tahun 2019 ini jadi tahun yang penuh cinta dan banyak duit <3

Anyhow, tepat sudah satu tahun gw ngekos.

Resolusi gw di tahun ini adalah jadi lebih telaten, rapi, dan nggak nunda-nunda. Among any others..

Jadi mau gw tinggalin deh kebiasaan nunda-nunda nyuci baju. Karena keseringan jadinya bete nggak punya baju bagus buat pergi sama pakaian jadi bau apek.  

Dulu waktu tinggal sama orang tua sih ya nggak berasa nih keribetannya. Nyuci tinggal nyuci pake mesin, jemur, terus setrika, beres.

Sekarang berasa deh halangan-halangannya. Nggak ada yang ngingetin "AYO CUCI BAJU!" dari Ibu, jadi suka nunda, hahaha. Terus bawa laundry kiloan deket kos, kapok! Baju gw masih lembab maen disetrika aja sama mereka, hiks... Belum lagi gw bakalan bokek kalo dibawa ke laundry yang memang punya nama. Terus ternyata gw baru ngeh faedah disuruh jemur celana jeans di atap sama Ibu. Karena cara baju yang dijemur di bidang datar tuh memang cara paling bagus biar baju nggak longgar. Hiks, di sini udahlah mesin cuci nggak ada, mau jemur juga terpaksa digantung vertikal kayak biasa karena nggak ada lahan luas datarnya -__- Dulu di Palembang ada laundry koin gw sepelein, ya jelas, nggak berasa efeknya di gw yang bukan anak kos. AHAHA gw malah mikirnya sama usaha itu "Wow ala-ala di New York gitu ya, laku ga ya? Kan orang hobinya nyuci kiloan tinggal jadi." THAT, before i knew how was the cookie crumble. LOL LOL sekarang gw kelimpungan nyari laundry koin deket sini. 

Jadi selama 2019 mendatang, gw bakal tulis di sini sebagai catatan pribadi yang semoga membantu juga calon atau on going anak kos di luar sana, tips-tips menjadi anak kos yang keren anti kere. HAHAHA. Termasuk trivia-trivia nyuci baju kali ini yang dikutip dari berbagai sumber (yaitu page pertama dari hasil googling "cara mencuci baju" yang sudah dikurasi. HAHAHA). 

Silahkan disimak!

1. Jangan terlalu sering nyuci
Makin sering dicuci, warna baju akan semakin cepat pudar. Jika kamu memakai salah satu baju hanya beberapa jam, jangan langsung menaruhnya di ranjang pakaian kotor untuk dicuci. Baju yang tidak terkena noda, kotoran atau keringat berlebihan masih aman dipakai kembali tanpa dicuci terlebih dahulu. Cukup gantung pakaian dan angin-anginkan, atau dijemur sebentar.
Nah gw setuju nih tips satu ini. LOL.  

2. Pemilihan deterjen

Harusnya deterjen biasa aja cukup sih. Those detergen company needs to step up the game, really. Gimana kita bisa tahu deterjen mana yang wanginya kita suka? Orang cuma disuruh berimajinasi dari packaging, hiks. Atau dari nanya aja kebetulan dari temen, nyuci pake deterjen apa? Which will sounds really weird kalo nggak kenal-kenal amat yekan. Kalo "Wanginya enak deh, parfum apa?" Nah itu baru agak normal. Selama ini kalo kaos atau katun biasa ya gw cuci pake tangan sendiri. Baju eonnie-eonnie victorian banyak renda nih gw ga berani, selalu gw laundry sih. 

Untuk pakaian yang terbuat dari bahan halus seperti sutra dan renda, carilah detergen yang tidak perlu dibilas setelah pakaian direndam di dalam air. Dengan begitu, pakaian sutra dan renda akan lebih mudah dibersihkan, juga tidak rusak akibat terlalu banyak dibilas. Anda bisa membeli detergen tanpa bilas di internet atau mencarinya di rak produk detergen di toko sekitar. Detergen tanpa bilas yang cukup popular adalah Eucalan dan Persil.

Nanti kapan-kapan gw coba deh si Eucalan ato Persil ini. Kalo ngga males. Huhuhu

3. Pakai sarung tangan 

Check! Gw belajar dari pengalaman kakak gw yang kulitnya berubah jadi serem kalo kontak dengan sabun cuci piring, Beli aja di tokopedia, cuma 15 ribu include ongkir. 

Gunakan sarung tangan untuk mencuci jika kulit Anda sensitif untuk menghindari kontak langsung dengan detergen yang terlarut dalam air.

4. Waktu terbaik untuk mencuci

Hari libur pagi. Supaya selesai nyuci, kamu dapat sinar matahari yang bagus.  Ini nih agak tricky, tahu kan kalau sekarang musim hujan lagi nggak bisa diprediksi. Dan kalau dikeringkan manual tapi nggak pakai sinar ini, baju jadi apek. Hiks. 

5. Tricky clothes
Pakaian yang terbuat dari bahan kulit, suede, atau beludru kemungkinan akan rusak kalau dicuci menggunakan  mesin cuci. Itulah sebabnya, lebih baik mencuci jenis pakaian tersebut dengan metode dry clean di tempat laundry.
It's like common sense? Tapi nggak apa-apa kalo kamu baru ngeh ini, Gw juga dulu sepolos itu kok main cuci sepatu suede pake air. HAHAHA. This was long before internet era btw.  

6. Pisahkan pakaian
Cuci pakaian yang memiliki warna senada bersama-sama untuk menghindari luntur warna. Selalu pisahkan pakaian putih dari pakaian berwarna saat mencuci. Letakkan benda-benda berukuran kecil atau mudah lepas di dalam kantong jaring-jaring atau sarung bantal. Kantong jaring akan melindungi benda-benda tersebut tersangkut atau terbelit dengan pakaian yang lebih besar.
Karena baju baru terus luntur itu menyakitkan, guys. Btw, kantong jaring buat nyuci masuk list belanjaan deh.  

7. Metode merendam baju
Isi satu ember besar dengan air dingin (air hangat atau panas dapat merusak pakaian berbahan halus). Biasanya air panas hanya cocok untuk mencuci pakaian dalam demi menghilangkan dan membunuh kuman atau mikro-orgnisme yang mungkin menempel pada pakaian dalam. 
Buatlah campuran air dan deterjen terlebih dahulu ketika merendam. Dilarang meletakan baju kemudian baru memasukkan air dan deterjen karena akan merusak serat kain pada baju. Siapa yang sangka kan kalau ternyata hal sesepele meletakkan baju baru diisi air ini bisa menyebabkan baju kesayanganmu rusak. Padahal sepertinya tidak ada bedanya memasukkan air terlebih dahulu atau pakaian kotor lebih dulu. Ternyata ada loh! Pakaian kotor yang disirami dengan air, apalagi air berarus kencang dapat membuat kain baju tertekan sehingga merusak kain. Pakaian yang terkena langsung dengan detergen mencuci baju juga akan membuat kamu kesulitan membilas baju-baju kamu. 
Triknya di sini adalah setelah mengisi air ke dalam ember, barulah kamu mulai mencuci baju dengan merendam pakaian kotormu ke dalam ember. Masukkan pakaian ke dalam air, satu per satu. Pakaian dengan noda membandel harus direndam selama hingga setengah jam.
Ternyata mbok-mbok gw jaman dulu cara nyucinya salah semua. HAHAHA. Pantesan baju cepet hancur. 

Ada banyak versi dalam mencuci. Pertama, rendam 30 menitan, sikat, bilas, langsung jemur. Ada lagi yang setelah rendamnya di ujung setelah disikat, ada juga yang habis bilas masih dikasih pewangi baru bilas lagi dan jemur. Terserah sih mau yang mana. 

8. Metode menyikat 
Gunakan sikat cucian yang lembut untuk membersihkan jenis-jenis atau bagian-bagian pakaian yang tidak bisa dikucek, semisal kerah baju kaku dan bra.
Btw, kamu bisa googling dulu cara membersihkan noda seseuai jenis noda apa yang efektif. Karena noda katanya bakal lebih susah hilang kalau pakaian sudah dicuci, tapi nodanya masih ketinggalan gitu lho. Beda noda, beda cara membersihkan. Cara paling gampang? Jangan ada noda heuheu. Gw paling banter noda keringat sih. Yang di ketek itu lho. Caranya pake jus lemon sama air terus sikat. Baru deh cuci.  

9. Metode mengeringkan 
Peras cucian dengan meremas-remasnya. Memelintir cucian ketika memeras sebaiknya dihindari pada jenis pakaian apa pun dan berbahan apa pun. Buang air bekas cucian dan isi kembali ember dengan air bersih untuk membilas cucian. Lakukan beberapa kali hingga air perasan jernih tanpa residu detergen.
Ketika kamu memeras bajumu sampai kering kuat-kuat, pakaianmu akan tertarik dengan kuat juga. Hal ini menyebabkan selesai mencuci baju akan ada banyak pakaian yang mulai melar. Cara terbaik untuk menghilangkan kandungan air sebanyak-banyaknya dari pakaianmu tanpa merusaknya adalah dengan meratakannya di atas handuk. Gulung handuk dan pakaianmu bersama, remas dengan lembut selagi kamu melakukannya. Setelah selesai, buka gulungan.
Gw tau sih buat metode satu ini tuh: Ain't nobody got time for that nggak sihhh??? 

Tapi kalau telaten memang mesti ribet dikit, hehehe

Paling nggak kalau ribet banget pakai metode handuk, metode remas-remas aja lah. Jangan dipelintir, kasihan. 

10. Metode kasih pewangi
Jika Anda ingin memakai pewangi atau pelembut cucian, tambahkan produk yang Anda pilih pada air bilasan terakhir sesuai takaran yang dianjurkan pada kemasan produk. Rendam cucian dalam larutan tersebut selama 10 – 15 menit.
11. Metode menjemur 
Jemur cucian di udara terbuka agar baju terhindari dari bau apek. Pakaian yang rentan berubah bentuk sebaiknya tidak digantung di tali jemuran atau hanger, melainkan digelar di atas permukaan datar yang bersih. Kibaskan cucian untuk melepas kerutan-kerutan sebelum jemuran. Jemur dibawah matahari pagi, dengan bagian dalam baju ada didalam.
Kan. Paling bagus ternyata memang digelar. Di rumah gw di Palembang gw jemurnya di atap second story. Kalo di kosan mau dijemur dimanaaaa nggak ada lahannya huhuhu sedih deh. 

Gw rencananya mau nyoba laundry koin terdekat dari kos deh hari senin abis ngantor. Kalo self service 2 jam selesai katanya di luar setrika. Kalo weekend karena banyak orderan nggak nerima nyuci sendiri. Nerima drop off aja itu pun 3 hari baru selesai. Rencananya mau nyobain ini, sejauh ini tadi gw telfon customer servicenya lumayan informatif sih, semoga memuaskan. I'll update it soon kalau sudah mencoba~

Alamat:
Jl. Panjang Cidodol No.1, Cipulir
Kebayoran Lama, JAKARTA SELATAN
Phone. +62 812 8592 6391
Buka Setiap Hari
Senin s/d Sabtu : 07.00 – 20.00 WIB
Minggu/Libur : 09.00 – 18.00 WIB

Katanya buat sejam lewat dikit  koinnya 15 ribu. Itu udah 30 menit nyuci, 45 menit ngeringin.  Mayanlah, daripada gw ke laundry kilo deket kosan sekilo 6 ribu tapi hasilnya ZONK T__T Berarti PR gw sebelum kesana adalah 1) Nyiapin duit cash, who knows mesin debetnya macet ato nggak ada samsek, 2) Misahin baju putih, 3) Bawa buku, soalnya waktu sejamnya bete ga sih gabut? Kalo maen hp doang, gw nggak edgy dong (lah?) HEHE. Apa bawa kamera yha? Biar bisa foto-foto ala Jennie kaya gini..


Thanks for reading. Good luck anak kosan seluruh Indonesia~

----

UPDATE 9/1/2019:

Jadi gw tuh sudah mendatangi laundry koin itu habis ngantor, sampenya jam 6 sore kan..

Terus ternyata cuma bisa cuci self service di jam 7-10 pagi, itu pun weekdays~

Soalnya self service kayanya lebih murah, 20 ribu rupiah dapet sejam. Equals baju 6-7 kilo lah.

Karena udah terlanjur sampe sana, gw cuci kering aja 5 kilo 40 ribu tanpa setrika. Itu pun nunggu sehari. Kalo self service 2 jam kelar. Hmm. 

Terus di sana tempatnya panas banget mamiii. Beda bener sama imajinasi gw yang tempatnya pewe ala ala New York. HAHAHA. Mungkin karena di suburban kali ya, gw yakin yang di Jakarta Selatan yang kotanya pasti lebih nyaman (dan lebih mahal) soalnya yang di Palembang deket UNSRI aja itu yang ada kantinnya, laundry gini dingin wangi gitu. 

Nanti deh gw minggu-minggu depan nyoba nyuci sendiri berarti pagi sebelum ngantornya. 

Comments

  1. wahahaha, aku malah baru tau kalo ngejemur itu musti di bidang datar~

    ayoo semangat ngeblognyaaaa :****

    ReplyDelete

Post a Comment